Senin, 04 November 2013

Berkenalan dengan Libre Office Writer


LibreOffice Writer (Writer) merupakan program pemroses kata (word processing) yang memiliki fungsi sama dengan Microsoft Word. Perbedaan paling utama antara Writer dengan Word adalah Writer dapat diinstall secara bebas dan gratis tanpa biaya lisensi, sementara Word tersedia dengan harga yang cukup mahal. Secara fungsionalitas, antara Writer dan Word tidaklah jauh berbeda.


FItur LibreOffice Writer
Writer memiliki beberapa fitur utama, diantaranya adalah:
  • Mengenali, mengolah, dan menyimpan file dalam format Microsoft Word (doc, docx).
  • Mampu mengekspor / menyimpan dokumen secara langsung dalam format pdf.
  • Mempunyai kemampuan pengolahan dokumen setara dengan aplikasi lain yang lebih berbayar, misalnya pengaturan font, paragraf, judul halaman, pemberian nomor halaman hingga kepada pemberian komentar pada dokumen, dan proteksi dokumen dengan menggunakan password.
  • dan banyak fitur unggulan lainnya.

Tampilan antarmuka LibreOffice Writer
Sekilas, LibreOffice Writer memiliki tampilan yang serupa dengan Microsoft Word versi 2003. Meskipun dari sisi tampilan terkesan kurang menarik, akan tetapi hal ini tidak mempengaruhi kelengkapan fungsi yang dimiliki oleh Writer. Beberapa pengguna bahkan lebih menyukai tampilan Writer yang simpel jika dibandingkan dengan tampilan Ribbon pada Microsoft Word 2007 keatas yang nampak rumit. Berikut ini tampilan utama program LibreOffice Writer:

Tampilan / Antarmuka LibreOffice Writer 4.1
Title bar menunjukkan judul dokumen yang sedang dikerjakan. Apabila dokumen belum disimpan dengan nama spesifik maka title bar akan menampilkan judul untitled x, dimana x merupakan nomor dokumen yang sedang dikerjakan.
Menu bar merupakan panel yang memuat perintah standar untuk mengoperasikan program. Klik pada salah satu menu akan memuat submenu yang lain. Misalnya klik pada File akan memuat submenu yang berisikan perintah diantaranya New, Save, dan Print.
Standard toolbar merupakan panel tool standar yang terdapat pada program LibreOffice lainnya, seperti Calc, Draw, Impress. Pada panel ini terdapat salah satu tombol yang merupakan salah satu fitur utama pada LibreOffice yaitu tombol navigator. Tombol navigator disimbolkan dengan ikon berbentuk kompas. Fungsi dari navigator adalah untuk melacak elemen tertentu pada dokumen, baik berupa judul, sub judul, grafik, tabel, dan sebagainya.
Formatting Bar merupakan panel yang berfungsi untuk mengatur dokumen yang sedang dikerjakan. Apabila pengguna sedang mengerjakan dokumen yang berupa teks, maka panel ini akan menampilkan fungsi-fungsi yang berguna untuk mengatur teks, misalnya memilih font, mengatur paragraf, dan sebagainya. Jika pengguna memasukkan file gambar kedalam dokumen yang sedang dikerjakan, maka toolbar ini akan berubah menampilkan fungsi yang berguna untuk mengolah gambar tersebut, misalnya mengatur letak gambar di teks, memberi warna pada gambar, dan sebagainya.
Status bar menampilan keterangan dokumen yang sedang dikerjakan, misalnya jumlah kata dan jumlah halaman, serta terdapat pula beberapa fungsi pengaturan seperti mengatur tampilan zoom halaman serta melihat layout halaman.

Pengoperasian LibreOffice Writer terbilang cukup mudah. Para pengguna yang terbiasa menggunakan program pemroses kata lainnya (semisal Microsoft Word atau iWork) tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan LibreOffice Writer. Shortcut atau tombol pintas yang biasa digunakan pada aplikasi Office lain juga dapat digunakan di LibreOffice, misalnya ctrl+n untuk membuat dokumen baru, ctrl+s untuk menyimpan dokumen, dan ctrl+p untuk mencetak dokumen.

LibreOffice dapat diunduh di http://www.libreoffice.org/. Para pengembang LibreOffice mendorong penggunanya untuk menyebarkan program ini ke lingkungannya. Bahkan pihak pengembang juga memperbolehkan bagi pengguna yang ingin mengcopy dan memperbanyak LibreOffice serta menjualnya tanpa harus meminta izin khusus ke pihak pengembang. Jadi, tunggu apa lagi, segera unduh dan rasakan sendiri fitur mahal dari perangkat lunak gratisan ini.

Artikel yang sebaiknya dibaca untuk semakin mengenal LibreOffice


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar