Senin, 04 November 2013

Berkenalan Dengan Kubuntu


Kubuntu merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dapat diunduh secara gratis dan digunakan secara bebas. Harga yang gratis bukan berarti fitur Kubuntu tidak lengkap. Justru sebaliknya, Kubuntu memiliki fungsi dan fitur yang sangat lengkap, beberapa diantaranya bahkan tidak ditemui di sistem operasi lain yang berbayar.
Kubuntu merupakan turunan dari Ubuntu, salah satu sistem operasi berbasis Linux yang cukup terkenal saat ini. Dibandingkan Ubuntu, Kubuntu lebih mudah diadaptasi oleh pengguna Microsoft Windows terutama Windows 7 karena tampilan antarmuka desktopnya yang hampir mirip dengan Windows. Antarmuka Kubuntu dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Desktop Kubuntu 13.10
Kickoff Application Launcher memiliki fungsi serupa Start Button pada Microsoft Windows. Ketika tombol ini di klik, ia akan menampilkan menu yang memuat aplikasi yang telah terinstall serta perintah pengoperasian lain seperti merestart atau mematikan komputer.
Task Manager menampilkan program-program yang dijalankan. Pada gambar diatas terlihat ada 3 program yang sedang dijalankan yaitu Calligra Words (aplikasi Office), Dolphin (File Manager), serta Firefox (Peramban Web). Aplikasi yang aktif memiliki warna font yang lebih jelas dibanding aplikasi yang diminimize. Terlihat dalam gambar diatas Dolphin memiliki font yang terlihat terang dikarenakan aplikasi tersebut dalam keadaan terbuka.
System Tray menampilkan informasi sistem seperti baterai dan informasi wifi, serta menampilkan shortcut yang berguna untuk mengatur sistem seperti mengatur kecerahan layar, mengatur volume suara, bluetooth, dan pengaturan lainnya.
Desktop Folder menampilkan file-file yang berada pada folder desktop pengguna. Folder ini bisa diatur untuk menampilkan isi folder yang lain, misalnya folder dokumen, folder gambar, dan folder lain sesuai keinginan pengguna.
Toolbox memiliki fungsi untuk mengatur penggunaan dekstop seperti menambahkan widget (misalnya widget jam analog, widget cuaca, pembaca berita rss, dan sebagainya).

Meskipun secara sekilas memiliki kemiripan, Kubuntu merupakan sistem operasi yang sangat berbeda dengan Windows. Salah satu keunggulan Kubuntu dibandingkan Windows adalah Kubuntu telah terinstal dengan paket perangkat lunak yang komplit, mulai dari perangkat lunak perkantoran (office) hingga ke perangkat lunak pemroses grafis. Sehingga pengguna yang menginstal Kubuntu dapat langsung menggunakan komputernya untuk bekerja tanpa harus bingung mengunduh atau menginstal software tambahan. Berikut ini beberapa perangkat lunak yang terpasang secara otomatis bersamaan dengan proses instalasi Kubuntu :
  • Rekonq yaitu perangkat lunak peramban web (web browser)
  • LibreOffice, merupakan perangkat lunak perkantoran (office) yang memiliki fungsi sama dengan Microsoft Office
  • Amarok dan Dragon Player, pemutar audio dan video
  • Gwenview, perangkat lunak untuk mengorganisir foto (serupa ACDSee atau Picasa)
  • dan beragam perangkat lunak yang lain
Proses instalasi Kubuntu terbilang cukup mudah. Pengguna dapat memasangnya berdampingan dengan sistem operasi lain seperti Microsoft Windows tanpa harus menghapus partisi Windows tersebut. Sistem instalasi berjalan dengan otomatis dan dipandu dengan instruksi yang mudah dipahami. Bila pengguna masih belum mantap untuk menginstal Kubuntu secara permanen ke dalam komputernya, Kubuntu menawarkan fitur untuk mencoba sistem operasi ini secara langsung dari CD ataupun dari USB Flash Disk secara live tanpa mengubah sedikitpun file-file ataupun sistem yang ada di hard disk. Ketika pengguna merasa puas dengan performa Kubuntu, maka pengguna bisa langsung melakukan instalasi. Sebaliknya, jika pengguna merasa Kubuntu bukan sistem yang tepat untuk dirinya, maka cukup dengan mencabut flashdisk sistem operasi sebelumnya bisa digunakan kembali.

Tertarik menggunakan Kubuntu? File iso Kubuntu bisa di download di http://www.kubuntu.org/getkubuntu. Untuk menginstall Kubuntu, pengguna bisa mengikuti petunjuk yang ada di sini untuk menginstal dari DVD, atau di sini untuk instalasi dari USB Flashdisk .
Selamat belajar dan berpetualang!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar